Minggu, 12 Februari 2012

Mengapa Anda Butuh Program Point of Sales

Program point of sales merupakan system yang biasa digunakan oleh restoran dan industri retail. Sistem komputerisasi ini memungkinkan pemilik untuk mengetahui transaksi penjualan, alur kas, persediaan makanan atau barang yang sangat mempermudah pembukuan.



Mengapa restoran memerlukan program point of sales? Tingginya frekuensi transaksi dengan pembayaran tunai maupun kartu kredit tiap harinya membuat sebuah restoran membutuhkan program point of sales. Kemampuan program ini tidak hanya mencatat penjualan setiap sennya, banyak program point of sales bisa juga berperan sebagai mesin pemroses kartu kredit. Kelebihan ini membuat aktivitas penggesekan kartu kredit lebih aman untuk pihak pembeli dan penjual, sehingga bisa terhindar dari tindakan pegawai yang tidak jujur.

Kelebihan berikutnya dari sebuah program point of sales adalah menyederhanakan alur komunikasi antara petugas di dapur dan petugas di restoran. Pesanan menu dari customer bisa langsung dimasukkan ke computer dan kemudian langsung terbaca di monitor yang terdapat di dapur. Sehingga seorang pelayan tidak perlu ke dapur lagi atau berteriak, dan bisa melayani customer lainnya. Program point sales pun mampu mengatur keuntungan dan kerugian serta pajak penjualan.
Mengingat program ini berdasarkan teknologi computer, jika terjadi kerusakan pada computer dan tidak ada back up, maka akan terjadi kesulitan menghimpun data yang tersimpan dalam program point of sales. Karena itu selalu lakukan back up data agar tidak kehilangan satu pun transaksi dalam pembukuan. Dan sama dengan program computer lainnya yang selalu mengalmai perkembangan dan pembaruan, sangat disarankan untuk membarui program point sales sesuai dengan standar computer dan standar kebutuhan bisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar