Minggu, 12 Februari 2012

Double Entry dalam Program Akuntansi

Dalam program akuntansi ada pilihan double entry.  Double entry adalah fitur yang harus dimiliki dalam program akuntansi untuk tujuan apapun. Walau tidak diperlukan untuk kebutuhan manajemen keuangan pribadi, double entry juga bisa bermanfaat baik untuk program akuntansi yang mengatur keuangan pribadi.


Mengapa double entry itu penting, karena merupakan proses standar dalam program akuntansi yang memungkinkan setiap pencatatan transaksi direkam setidaknya dalam dua akun. Double entry dalam program akuntansi menyediakan metode yang lebih cepat untuk mengeceka keakuratan, karena ringkasan dari semua akun harus menunjukkan keseimbangan antara akun debit dan kredit.

Program akuntansi yang sangat baik adalah program yang menyertakan pencatatan double entry; tanpa fitur ini, seorang akuntan akan kesulitan mempersiapkan pembukuan akhir tahun dan catatan pajak.  Perangkat lunak keuangan pribadi tidak terlalu membutuhkannya, walau ada juga pilihan untuk menampilkan fitur ini.
Jenis-jenis double entry yang terdapat dalam program akuntansi adalah asset accounts, liability accounts, income accounts, dan expense accounts.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar