Senin, 20 Februari 2012

Dasar-Dasar Design Interior Rumah


Mengetahui dasar design interior rumah, akan sangat membantu Anda untuk menciptakan sebuah nuansa ruangan yang hebat. Anda tahu kan rasanya berjalan memasuki sebuah ruangan di rumah yang memiliki desain ciamik, yang membuat Anda terpaku, dan akhirnya betah berlama-lama di ruangan itu. Apa saja dasar design interior rumah yang patut And ketahui? Berikut kutipannya…



Keseimbangan
Dalam design interior rumah, keseimbangan menciptakan rasa yang sederajat. Artinya kesetaraan dalam bobot visual obyek harus benar-benar diperhatikan. Keseimbangan tidak hanya tercipta melalui bentuk, tapi juga warna, motif atau pola, dan tekstur.

Ritme
Seperti di music, ritme dalam design interior rumah juga penting. Artinya menciptakan pola atau motif yang berulang dan kekontrasan untuk menciptakan pesona visual. Anda bisa mewujudkannya dengan menggunakan warna yang sama atau bentuk yang berbeda pada intervalnya. Tujuannya adalah untuk menggerakkan mata ke sekitar ruangan. Contohnya, Anda bisa membentuk ritme dengan menggunakan warna untuk bantal kursi, dan menggantung lukisan yang senada warnanya dengan bantal itu. Pengulangan ini akan membuat tamu-tamu di rumah Anda tertarik untuk melihat sekitar rumah. 


Harmony
Harmoni diciptakan saat semua elemen beraksi bersama untuk menciptakan pesan yang menyatu. Seperti ritme yang bisa menciptakan ketakjuban, harmoni mampu menciptakan sensasi kenyamanan. Contohnya, Anda bisa menciptakan harmoni dengan menggunakan hanya satu warna, walau ada bentuk-bentuk dalam design interior rumah Anda yang memiliki bentuk, ukuran dan tekstur berbeda.

Ketegasan
Sebuah ruangan di mana segalanya terlihat sama pentingnya akan tampak menakjubkan atau bisa juga membosankan. Anda perlu sebuah anchor. Ruang arsitektural kadang punya poin kesenangannya sendiri seperti jendela dengan pandangan yang cantik. Anda dapat memilih untuk menciptakannya dengan menyusun furniture di sekitar jendela untuk memberi penegasan, atau mengundang perhatian mencolok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar