Kamis, 19 Januari 2012

Menjadi Pembeli Online Shopping yang Cermat


Online Shopping – Semakin banyak layanan daring untuk kebutuhan jual beli barang, sampai jasa, bermunculan. Faktor utama yang membuat transaksi di dunia maya ini tidak pernah sepi peminat adalah kemudahan dan hemat waktu.
Walau banyak yang melakukan belanja online, bukan berarti transaksi model ini selalu aman. Ada saja penjual virtual yang nakal, atau bisa saja produk yang kita terima ternyata tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Maka dari itu, sebagai kostumer, kita harus cermat berbelanja online.
Supaya kita tidak sampai kecewa, ada beberapa saran untuk membeli kebutuhan Anda secara online, sebagai berikut:
  1. Untuk mengatasi masalah dan kekhawatiran saat membeli barang secara online, saya akan memberikan sedikit tips membeli barang secara online bagi Anda dan semoga bermanfaat :
  2. Sebelum mengiyakan untuk membeli suatu produk, Anda telah melihat wujud dan kondisi barang. Simpan gambar tersebut di komputer Anda atau bisa dicetak. Gunanya untuk menyamakan antara barang yang Anda beli dengan yang diterima.
  3. Cek kebenaran informasi pribadi dan alamat si penjual. Caranya bisa dengan mengunjungi forum jual beli di mana si penjual menjadi anggota, lalu lihat track recordnya melalui testimonial yang ada.
  4. Sebelum barang dikirim, tanyakan adakah jaminan jika barang yang diterima tidak sesuai dengan yang dibeli. Kalau tidak ada, jangan teruskan transaksi.
  5. Lakukan perbandingan harga dengan toko on line dan toko off line. Sebagai pembeli tentu ingin mendapatkan yang terbaik dengan harga tidak lebih mahal.
  6. Bila penjual memberitahuan barang sudah dikirim, minta tracking number, atau nomor pengiriman barang, agar Anda juga bisa melakukan monitor.
Intinya dalam berbelanja online, diperlukan kepercayaan satu sama lain, agar bisnis online shopping bisa lancar dan berlanjut terus.

1 komentar:

  1. oke nih gan infonya, ijin share ya, hehehe..

    Blogwalking ya dari cantikalayanti.blogspot.com , follow balik ya gan, thanks

    BalasHapus